Le Mans – 

MotoGP Prancis 2020 berakhir kurang menyenangkan bagi Valentino Rossi. Rider Monster Energy Yamaha MotoGP itu bernasib sial usai crash sejak lap pertama.

Dalam race di Sirkuit Le Mans, Minggu (11/10/2020), Rossi start dari posisi ke-10. Namun, penampilannya tak berlangsung lama.

Rossi langsung mengalami crash di Sirkuit Le Mans. Di tikungan ketiga, The Doctor mengalami slip ban depan dan tergelincir.

Rider Italia itu terlihat sempat bangun lagi. Namun, Rossi pada akhirnya tidak melanjutkan race, dan akhirnya gagal finis.

Bagi Rossi, ini menjadi gagal finis keempatnya di MotoGP 2020. Rider yang musim depan pindah ke Petronas Yamaha SRT itu amat kecewa.

“Sangat disayangkan hari ini, karena mengalami kecelakaan seperti ini di tikungan pertama adalah hal yang buruk, juga karena saya tak membuat beberapa lap untuk memahami kinerja motor dan potensi saya,” kata Rossi dilansir Crash.

Kegagalan di Le Mans juga membuat Rossi gagal finis tiga kali beruntun. Sebelumnya, ia juga gagal finis di MotoGP Emilia-Romagna dan MotoGP Catalunya. Kini, Rossi pun tercecer di peringkat ke-13 klasemen MotoGP dengan baru meraih 58 poin.

“Ini momen yang sulit. Saya juga sedikit kurang beruntung, karena dalam tiga balapan terakhir saya tidak meraih poin meski kecepatan saya cukup bagus, terutama saat latihan, jadi ini hal yang buruk,” kata Rossi.

“Untuk kejuaraan, ini sangat sulit karena bagi saya tiga trek terakhir ini di atas kertas bagus untuk saya dari segi performa. Di Misano, seperti yang terlihat di balapan pertama, dan juga Barcelona khususnya, dan di Le Mans biasanya saya kuat.”

“Jadi kami perlu mengambil poin, karena sekarang kami pergi ke Aragon dan Valencia untuk empat balapan yang di atas kertas sangat sulit bagi kami dan bagi saya. Tapi, juga akan lebih menantang untuk mencoba kompetitif, kuat, meski treknya tidak fantastis. Kami akan melihatnya,” ujarnya.

 

@Detik.com