Jakarta – 

Kabar duka datang dari dunia olahraga. Mantan Menteri dan Pemuda Olahraga era Orde Baru, Abdul Gafur, meninggal dunia karena COVID-19.

Abdul dikabarkan tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto, Jumat (4/9) pukul 06.30 WIB di usia 81 tahun. Adalah Sesmenpora Gatot Dewo Broto yang mengonfirmasi kabar ini.

“Ya betul [Abdul meninggal]. Kami baru tahu di WA grup internal sekitar jam 8 lebih. Kami turut berduka cita. Saya belum tahu sakit apa,” ujar Gatot seperti dikutip CNN Indonesia.

“Kemenpora sangat berduka cita, kami terkejut. Beliau dikaruniai Allah umur panjang, walau benturan sakit tidak mengurangi beliau untuk tetap beraktivitas. Beliau sebagai salah satu tokoh nasional. Lebih khusus lagi mantan Menpora,” sambungnya.

Sementara itu, menurut pengakuan Agung Laksono yang berasal dari partai yang sama, Golkar, Abdul Gofur meninggal karena terpapar virus corona ditambah penyakit bawaan yang dideritanya.

“Memang karena sakit, karena terkena COVID,” kata Agung.

Abdul Gafur menjabat Menpora pada 1983 hingga 1988. Pria kelahiran Maluku Utara, 20 Juni 1939 itu sebelumnya menjabat sebagai Menteri Muda Urusan Pemuda pada 1978 hingga 1983 menggantikan posisi Maladi.

Politisi Partai Golkar itu juga sempat menjabat posisi Wakil Ketua UMPR pada 1997 hingga 1999, lalu menjadi Anggota DPR periode 2004 hingga 2009.

“Almarhum penerima Bintang Mahaputera Adipradana mestinya berhak dimakamkan di TMP. Saya tunggu berita dari Garnizun Kodam Jaya untuk kepastiannya,” kata Agung soal rencana pemakaman Abdul Gafur di TMP Kalibata.

 

@Detik.com