GELARAN MotoGP 2020 memang belum berakhir. Namun, susunan pembalap untuk MotoGP musim depan telah menjadi perbincangan hangat pada saat ini.

Hal Ini juga tidak lepas dari adanya susunan yang berubah cukup drastis pada 2021 sehingga membuat penggemar MotoGP sangat menantikannya. Sejauh ini ada tim yang telah melengkapi skuadnya, namun ada juga yang belum.

Terakhir, ada tiga pembalap yang telah memastikan membalap pada musim depan yakni Franco Morbidelli, Alex Marquez, dan Pol Espargaro. Khusus Morbidelli, ia masih akan tetap bersama Petronas Yamaha SRT, sedangkan Alex dan Pol akan menjalani karier di tim baru.

Alex yang pada debut musim ini tampil bersama tim pabrikan akan turun takhta pada musim depan. Adik dari Marc Marquez itu akan bergabung bersama tim satelit Honda yakni LCR. Sementara Pol akan hijrah dari KTM ke Repsol Honda untuk mendampingi Marquez pada musim depan.

Sementara itu, perombakan yang menarik terjadi di kubu Yamaha. Seperti sudah diketahui sejak awal tahun, tim pabrikan Yamaha telah menetapkan dua pembalapnya pada musim depan yakni Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Kehadiran Quartararo pun memastikan Yamaha telah menggeser Rossi dari tim pabrikan. Namun, untuk saat ini, Rossi masih belum memiliki kejelasan akan membela tim mana untuk menggeber motor MotoGP pada musim depan.

Salah satu kandidat terkuat adalah tim satelit Yamaha yakni Petronas SRT. Bahkan pihak Yamaha sudah sangat merestui dan disambut positif oleh Petronas SRT. Kabarnya, peresmian soal bergabungnya Rossi dengan tim asal Malaysia itu akan terjadi usai MotoGP San Marino 2020.

Pada sisi lain, Ducati juga masih mencari cara untuk mengganti Andrea Dovizioso yang memutuskan berpisah pada musim depan. Bahkan pada saat ini, baru Jack Miller dan Tito Rabat saja yang sudah dipastikan akan bergabung dengan skuad Ducati pada musim depan.

Alhasil Ducati kini masih menantikan empat pembalap lainnya. Kabarnya, adik Valentino Rossi yakni Luca Marini akan menjadi salah satu rekrutan Ducati pada musim depan.

Berikut Daftar Sementara Pembalap MotoGP 2021

Monster Energy Yamaha

Maverick Vinales (hingga 2022)

Fabio Quartararo (hingga 2022)

Repsol Honda

Marc Marquez (hingga 2024)

Pol Espargaro (hingga 2022)

Ducati Team

Jack Miller (hingga 2021)

Suzuki Ecstar

Alex Rins (hingga 2022)

Joan Mir (hingga 2022)

KTM Red Bull

Brad Binder (hingga 2021)

Miguel Oliveira (hingga 2021)

Aprilia Racing

Aleix Espargaro (hingga 2022)

Petronas Yamaha SRT

Franco Morbidelli (hingga 2022)

LCR Honda

Alex Marquez (hingga 2022)

Pramac Ducati

Red Bull KTM Tech3

Iker Lecuona (hingga 2021)

Danilo Petrucci (hingga 2021)

Avintia Racing

Tito Rabat (hingga 2021)

 

@Okezone.com